Yuk membelajarkan diri melalui pengalaman asyik Outbound/ penjelajahan asyik.


Lost in Pasar Pagi

Pernah "tersesat" di pasar tradisional karena mencari-cari tempat yang berpetunjuk minim? hmmm... rasanya seru-seru gimana, gitu.
Nah, MANCAKRIDA pernah membuat sebuah permainan seru guna melengkapi sebuah proses pembinaan karakter, dengan menggunakan pasar sebagai daerah perjuangannya; katakanlah dinamika ini dinamakan Lost in Pasar Pagi
Bagaimana caranya? sederhana, kok; intinya, peserta diberi beberapa foto suasana/ sudut di pasar, tetapi dengan menutup tulisan atau angka tertentu dengan blok hitam. Tugas peserta adalah menjawab, tulisan/ angka apa yang terblok hitam tersebut? Tentu cara jawab terakurat adalah dengan menelusuri pasar guna menemukan spot yang terfoto itu, dan melihat langsung apa sih tulisan/ angka yang terblok difoto tersebut. 
Gimana, simpel kan prinsip permainannya? Nah, tinggal tingkat kesulitannya yang bisa kita mainkan.
Berikut ini beberapa contoh foto yang pernah kami gunakan untuk soal. Bagi yang penasaran dan ingin menjawabnya, boleh dikira-kira saja, atau kalau mau lebih tepat, ya monggo blusukan ke Pasar Pagi Tegal; mudah-mudahan belum ada perubahan di sana.












Melihat foto-fotonya saja bisa dibayangkan ya, betapa seru permainan ini, apalagi jika ditambah dengan tugas-tugas yang lain. 
Oh, ya tentu bukan tanpa maksud permainan Lost in Pasar pagi ini dibuat, harapannya sih:
  1. Bisa melatih kesabaran dan konsentrasi peserta,
  2. Mengembangkan aspek sosialisasi peserta dengan orang lain dalam proses pencarian jawab,
  3. Mengenalkan peserta dengan realitas masyarakat, khususnya di pasar.

Yuk, yang penasaran mau bikin program pengembangan karakter dengan cara asyik, bisa hubungi MANCAKRIDA via WA 0812 7397 697.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar